Dosen UIN SU Mewakili AISINDO Untuk Membuka Kegiatan LAM INFOKOM Menuju Akreditasi Unggul

LAM INFOKOM (Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer) pada tahun 2024 ini kembali menggelar kegiatan Penguatan Program Studi INFOKOM Menuju Akreditasi Unggul, dilaksanakan  di lokasi 9 kota / LLDIKTI dengan cakupan seluruh 17 LLDIKTI di Indonesia. Kegiatan yang pertama dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Agustus 2024 untuk LLDIKTI Wilayah I: Sumatera Utara dan LLDIKTI Wilayah XIII: Aceh, dan yang menjadi host kegiatan adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Ruang lingkup rumpun ilmu LAM INFOKOM mencakup: Ilmu Komputer/Informatika, Kecerdasan Buatan, Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Sistem Komputer (Teknologi Komputer/Teknik Komputer/Elektronika Instrumentasi), Sistem Informasi (Manajemen Informatika, Sistem Informasi Akuntansi/Komputerisasi Akuntansi), Sistem dan Teknologi Informasi dan Teknologi Informasi. LAM INFOKOM didirikan berdasarkan persetujuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75865/MPK.A/HK/2020 tertanggal 3 September 2020.

Asosiasi pemrakarsa adalah asosiasi yang mendirikan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM), didirikan oleh beberapa organisasi terkemuka pada bidang informatika dan komputer. Asosiasi yang terlibat dalam pendirian LAM INFOKOM adalah Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) dan Association for Information SystemsIndonesia Chapter (AISINDO).

Sebagai Asosiasi pemrakarsa lahirnya LAM INFOKOM, AISINDO diminta untuk hadir dalam memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan tersebut.  Sebagai mewakili AISINDO pada kegiatan LAM INFOKOM 23 – 24 Agustus 2024 di UMSU Medan adalah Bapak Dr. Muhammad Irwan Padli Nasution, ST, MM, M.Kom.  Beliau adalah Members/Mentor pada AIS International dan juga merupakan Dosen Tetap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU).  Sambutannya pada pembukaan, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi atas nama AISINDO kepada LAM INFOKOM dan UMSU atas terlaksananya kegiatan ini.  AISINDO adalah merupakan AIS (Association for Information Systems) Indonesia Chapter, sehingga merupakan bagian dari organisasi asosiasi International.  Sampai saat ini AIS sudah tersebar pada 51 Chapters negara di dunia, dengan demikian sangat memudahkan membangun kolaborasi dalam pengembangan berbagai kegiatan international, baik secara individu maupun secara kelembagaan, seperti misalnya dalam mendapatkan Keynote Speaker International, Joint Research, Reviewers dan lainnya. Sehingga dengan demikian kepada para profesional IT/IS, walaupun sudah menjadi anggota pada APTIKOM dan IndoCEISS, dapat segera bergabung menjadi Members AIS dan AISINDO.  

Pada kegiatan LAM INFOKOM 23 – 24 Agustus 2024 di UMSU Medan, UIN SU mengirimkan pengelola Program Studi Sistem Informasi FST UIN SU yaitu: Bapak Rakhmat Kurniawan, M.Kom  dan Bapak Muhamad Alda, M.Kom sebagai peserta pada kegiatan tersebut.  Harapan besar semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menjadi paham bagaimana pengelolaan Program Studinya dalam pencapaian Akreditasi Unggul.